Main Article Content

Matlubul Khairi

Abstract

Penyelenggaraan Praktek kerja Lapangan(PKL) merupakan upaya yang dapat dilakukan SMK untuk tetap menghasilkan lulusan yang dapat bersaing di dunia usaha dan dunia industri (DU/DI). Salah satu tugas siswa PKL di SMKN 2 Kraksaan adalah membuat laporan PKL yang dibimbing oleh guru pembimbing sekolah yang berisi segala aktifitas yang dilakukan selama melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL). Namun pandemik Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) berdampak pada dunia pendidikan dengan adanya kebijakan pemerintah untuk mengurangi kontak fisik melalui pembelajaran di/dari rumah. Kebijakan ini juga berdampak pada proses pembimbingan laporan PKL kurang efektif dan membutuhkan waktu yang lama. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan merancang dan membangun sistem bimbingan praktik kerja lapangan berbasis web. Sistem ini dibangun dengan model waterfall dengan tahapan, analisa, desain, pengkodean, pengujian dan pendukung. Alat perancangan sistem yang digunakan adalah Flowmap Diagram, Data Flow Diagram, dan Entity Relationship Diagram. Sistem bimbingan laporan PKL berbasis web dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Sistem bimbingan lapran PKL ini dapat membantu dan mempermudah proses bimbingan hingan pencetakan laporan dengan persentase kelayakan 83.6% dengan interpretasi sangat layak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Khairi, M. (2021). Rancang Bangun Sistem Bimbingan Laporan Praktek Kerja Lapangan di SMKN 2 Kraksaan Berbasis Web. Applied Technology and Computing Science Journal, 3(2), 91–102. https://doi.org/10.33086/atcsj.v3i2.1869
Section
Articles
sistem, bimbingan laporan, pkl, berbasis web

References

Dikmenjur. Prakerin Sebagai Bagian dari Pendidikan Sistem Ganda.Jakarta: Depdikbud. 2016.

Adesari Noorandini Sirait. Peranan Dunia Usaha Dunia Industri dan Sekolah pada Praktek Kerja Lapangan Siswa Program Keahlian Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 27 Jakarta. Universitas Negeri Jakarta, 2016.

Wahyono, P. & Husamah, H. (2020). Guru Profesional di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. Vol 1 (No 1): 51-65, 2020.

Mohamat Rizki Shofiyulloh, Achmad Teguh Wibowo, & Faris Mushlihul Amin. Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Skripsi untuk Mendukung Layanan Akademik. Nusantara Journal of Computers and Its Applications. Vol. 5 (No. 1):8-15, 2020.

Mutazam, M., Samsumar, L. D., & Arwidiyarti, D. Rancang Bangun Sistem Evaluasi KinerjaDosen Dalam Perkuliahan Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2), 74–87. 2018.

Susilo Veri Yulianto,Ardian Prima Atmaja. Rancang Bangun Sistem Informasi Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Web dengan SDLC Waterfall. Jurnal Sisfo. Vol. 07(No. 02): 149-164, 2018.

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung. 2013.

Suryadi Bahrun, Suryani Alifah, Sri Mulyono. “Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Web”. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika. Vol. 2 (No. 2): 81-88. 2017.

Mufariya, Ilhamsyah, Syahru Rahmayuda. “Rancang Bangun Sistem Informasi Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dengan Teknologi SMS Gateway”. Jurnal Komputer dan Aplikasi. Vol 07(No. 02): 19-28. 2019.

Dina Yulistina, Baiq Desi Dwi Arianti. “E-Katalog Sebagai Sistem Informasi Pemasaran Kopi Sapit Berbasis Web”. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika. Vol. 3 (No. 2): 45-52. 2019.

Azhar Fadilah Zuhri, Abdullah Ahmad, Iin Parlina, Rafiqa Dewi, Solikhun. Sistem Informasi Data Rehabilitasi Narkoba Pada Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Pematangsiantar. SAINTEKS 2020. 978-602-52720-7-3: 255-260 . 2020.

Matlubul Khairi, Universitasi Nurul Jadid