Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Web dalam Rangka Mendukung Evaluasi Kinerja Akademik dan Dosen di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Ibrahimy

  • Ahmad Homaidi Universitas Ibrahimy
  • Atika Lina Universitas Ibrahimy
Keywords: Sistem Informasi, Evaluasi Kinerja, Berbasis Web

Abstract

AMIK Ibrahimy Sukorejo Situbondo secara berkala mengadakan evaluasi kinerja dosen setiap akhir perkuliahan seperti pada waktu Ujian Akhir Semester. Kegiatan ini dilakukan  untuk menilai kinerja dosen pada perkuliahan, dengan beberapa kriteria nilai yang telah ditentukan dari pihak AMIK Ibrahimy. Sistem evaluasi ini dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada mahasiswa yang kemudian direkap sebagai laporan yang ditujukan kepada direktur. Dan hasil rekapan evaluasi kinerja dosen didistribusikan kepada masing-masing dosen, sehingga dapat mengetahui hasil evaluasi kinerja. Akan tetapi, dengan menggunakan prosedur tersebut membutuhkan waktu lama dalam proses penyebaran angket kuesioner kepada mahasiswa, hal ini terjadi karena tidak adanya petugas khusus dalam menangani kegiatan evaluasi kinerja dosen tersebut. Untuk membantu meminimalisir permasalahan tersebut, perlu dirancang Sistem Informasi Manajemen Evaluasi Kinerja Akademi dan Dosen AMIK Ibrahimy. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu mempercepat pemrosesan penilaian yang selama ini cukup menyita waktu. Sistem ini dibuat menggunakan metode waterfall dengan beberapa tahapan yang dilakukan mulai dari Requirement sampai Maintenance. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mengatasi masalah-masalah evaluasi kinerja yang selama ini terjadi. Hasil pengujian menjadi tolak ukur apakah sistem ini berjalan dengan baik atau tidak. Tingkat kesesuaian perancangan sistem manajemen evaluasi kinerja ini dapat membantu evaluasi terhadap pelayanan akademi dan kinerja dari dosen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, H. Sistem Informasi Akademik AMIK Ibrahim berbasis Web. Jurnal Ilmiah Informatika, 1(1), 17–23. 2016.

Febrianty, & Divianto. Evaluasi Kinerja Berdasarkan Implementasi Sistem Pengendalian Internal. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi, 10(2), 193–210. 2017.

Ibrahimy, A. Pedoman Akademik Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Ibrahimy (1st ed.; A. Ibrahimy, ed.). Situbondo: Amiki Press. 2015.

Kemeristekdikti. Pedoman Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Penjamin Mutu. 2016.

Mutazam, M., Samsumar, L. D., & Arwidiyarti, D. Rancang Bangun Sistem Evaluasi Kinerja Dosen Dalam Perkuliahan Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2), 74–87. 2018. Diakses pada https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jtik/article/view/1747.

Nugroho, A. Rational Rose untuk Pemodelan Berorientasi Objek. Bandung: Penerbit Informatika. 2005.

Pangabean, E. Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Dosen Menggunakan Metode Fuzzy Simple Additive Weighting (FSAW). Jurnal Mantik Penusa, 19(1). 2016.

Pressman, R. S. Software Engineering A Pratitioner’s Approach. New York: McGraw-Hill. 2010.

Rahadi, D. R. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Malang: Tunggal Mandiri. 2010.

Rico, & Lestari, D. Perancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Dosen Berbasis Web (Studi Kasus: Universitas Adiwangsa Jambi). Journal V-Tech (Vision Technology), 1(2), 47–52. 2018. Diakses pada http://ejournal.unaja.ac.id/index.php/JVT/article/view/275.

Ruky, A. S. Sistem Manajemen Kinerja (Performance Management System). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2006.

Sitorus, L. Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta: Penerbit Andi. 2015.

Published
2019-09-07
How to Cite
Homaidi, A., & Lina, A. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Web dalam Rangka Mendukung Evaluasi Kinerja Akademik dan Dosen di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Ibrahimy. Applied Technology and Computing Science Journal, 2(1), 25-38. https://doi.org/10.33086/atcsj.v2i1.1125
Section
Articles